Wireless Router TP-Link TL – WR542G

Internet di rumah cuma 1?

Tapi komputer ada lebih dari 1?

Pengen bikin hotspot di rumah?

Tapi biaya minim?

-

Tenang semua ada solusinya…

Solusinya adalah wireless router TP LINK WR542G…

Untuk spesifikasi lengkapnya langsung aja klik di sini

-

Router ini gw beli kurang lebih 1 bulan yang lalu di mangga 2 mall dengan harga yang menggiurkan, hanya Rp. 290.000,- saja…hmmm, dengan budget 300ribu kalian sudah bisa buat hotspot di rumah, murah banget kan??

-

Sedikit review dari gw atas router TP Link ini,

yang pertama keunggulannya :

1. jelas murah

2. Merek lumayan dikenal dalam hal networking

3. Tampilan fisik lumayan bagus, minimalis but still modern

4. Settingan Mudah (gw aja awam banget bisa..)

5. Jangkauan cukup jauh…. di rumah gw 2 lantai tercover dengan baik

6. SInyal cukup kuat….router gw ada d atas dan gw pake laptop d lantai 1 masih sinyal excellent

7. Detachable Antenna…klo mrasa sinyal kurang kuat, ganti aja antenanya yang lbh kuat, ada yg jual koq

-

Sekarang kekurangannya :

1. Bagian atas panas….tapi gw pake 24 jam 7 hari seminggu nonstop gak masalah koq

2. Service centre di indonesia kurang jelas,…gw tanya tokonya sih bawa aja ke toko klo ada apa2 :p

3. Gak ada tombol on-off….jd klo mau matiin langsung cabut adapter

-

Eniwei bagi yang mau share internet dengan router wireless terutama bagi yang pake internet inisial FN, berikut ini gw kasih tau caranya :

  1. Sambungkan TL-WR542G dengan PC/LAPTOP (yang biasa anda sambungkan dengan  internet FN) melalui kabel UTP. Jadi sambungan ini adalah komputer langsung ke router dengan kabel LAN. Kabel LAN dari komputer (PC) masukin ke LAN (inget LAN bukan yang ethernet. taunya dari mana? ethernet biasanya kotaknya ada warna beda, dan biasanya cuma 1 kotak d paling ujung. Sedangkan LAN biasanya ada 3,4 atau lebih colokan dan biasanya ada angka 1,2,3 dst…
  2. Buka browser anda (Internet Explorer, Firefox, Opera, dll)…gw biasanya pake firefix agak error tampilannya, mending pake Opera aja
  3. Connect ke Router dengan mengetikkan http://192.168.1.1 di address browser sampai keluar box login dan masukkan Login / Password : Admin / Admin
  4. Udah masuk ke page status TP LINK pilih Quick Set up
  5. Klik Next, lalu pilih ‘Dynamic IP’ dan klik Next lagi, lalu setting Wireless anda…ikutin aja petunjuknya, klo bingung next2 aja lah, gak bgitu penting koq
  6. Klo yg no. 5 dah selesai pilih Mac Clone..lalu Klik ‘Clone MAC address’ untuk menyamakan MAC address wireless router ini dengan MAC address PC/Laptop anda. Jangan lupa klik ‘Save’.
  7. Lalu Setting security, wajib agar koneksi anda tidak bisa dipakai oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Menunya ada di Wireless > Wireless Settings. Centang pilihan Enable Wireless Security, tentukan typenya WEP / WPA/ WPA-PSK, dan tentukan passwordnya sendiri. Pilih WAP aja gak masalah dan automatic, trus berapa bitnya sesuaikan panjang password, semakin besar bit-nya semakin panjangn karakter yang harus di isi. Ingat panjang password harus full semua gak boleh kurang
  8. System Tools, ….Time, samakan waktu di router dengan di rumah anda.,….Password, sangat di rekomendasikan untuk merubah password  TL-WR541G anda. Factory default login / password dari semua produk TP-Link adalah Admin / Admin.
  9. Selanjutnya matikan TP-Link anda (cabut adapternya) dan juga mastikan modem internet FN anda. Sambungkan kebel UTP dari TP-Link Wireless Router TL-WR542G dengan Modem FN anda dalam kondisi mati. Kali ini sambungan modem ke router TP LINK adalah dari modem ke ethernet router (BUKAN LAN). Klo pc anda pake LAN kabel (bukan wireless) brarti sambungan yang dari awal ya biarin aja ( komputer ke router dengan LAN )
  10. Biasanya butuh waktu beberapa detik agar modem mengenali PC (dalam hal ini adalah routernya…jd kita kan nge-boongin modem FN, dengan memperkenalkan router sebagai PC yang biasanya kita pakai )
  11. OK…selamat ber hot-spot ria

That’s all folks, selamat mencoba!

Posted on Juli 30, 2009, in Info Komputer, Review gadget, REVIEWS. Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. mantap mbah.. punya saya juga kaya gini persis. Tapi ada masalah, laptop bisa sukses buat internetan, tapi PC cuman bisa konek ke router nya, ga bisa ikutan internetan.. Itu knp bah? settingnya persis kaya gini..

    • hadoh d sebut mbah? hahaha….

      maksudnya gmn tuh bro? PC cuma bisa koek router tapi gak ada arus internetnya??
      agak susah juga sih klo gak liat langsung, mungkin bisa tambahin gejala2 atau tampilan yg ada apa aja
      mnurut saya ya :
      1. Liat dulu, icon LAN d tray icon tuh dah connected blom?
      klo blom brarti memang gak beres d koneksi antara komputer ke router.
      Kemungkinannya banyak sih :
      mungkin PC LAN disable
      mungkin DNS dan IP blom automatic
      mungkin yg paling konyol kabel LAN blom d colok, wkwkwk…
      kurang tau jg sih ya…

      2. Klo icon dah menunjukkan gejala normal brarti besar kemungkinan d routernya. Coba pake colokan LAN yang laen, mungkin salah satu port ada yang error

  2. gan itu router loss signal brapa meter ya???
    bs tembus brp tembok??

    • berapa meternya kurang tau juga ya, tapi cukup jauh koq
      di lantai 2 rumah gw skitar 25 ubin , 1 ubinnya +- 25cm, semua sinyal excellent! jadi pasti bisa lebih jauh dari itu
      blom lagi gw coba d lantai 1, sinyal jg excellent padahal gw nyoba d ruang tamu deket teras rumah dan itu cukup jauh dari router yg gw taro di lt 2, sinyal masih Good!

      bisa tembus brp tembok?? hmm, sbenernya bukan berapa temboknya tapi liat tebel temboknya. Klo tembok biasa sih tembus2 aja, klo tembok2 beton tebel itu biasanya yg kurang tembus.
      Tapi klo tembok rumah mah menurut gw masih tembus smua,

    • gendeng ben jman skrang udah canggih

  3. gan gunanya forwarding apa ya?
    ada macem2 tuh…
    bs jelasin ga?
    Virtual Servers
    Port Triggering
    DMZ
    UPnP
    kalo domain filter buat apa ya?
    ngeblock website bukan?

    • hihi ada kaskuser,
      hmmm gw sendiri juga kurang tau tuh gunanya apa,
      ya sperti gw bilang d postingannya, “gw awam banget” untuk masalah networking

      daripada gw kasih pengertian yang ngawur mending agan gugling aja biar dapet jawabnnya dari para master, ato gak ya di kaskus aja computer stuff sub forum internet and networking, gw juga suka nongkrong di situ buat nanya2

  4. MAntap lah nih router… gw juga beli sama bang ger…

    Gak ada masalah,,mantap lah

  5. mas tolong bantuin saya,saya bingung bagaimana caranya agar hot sport saya tidak ngeluyur kemana mana,bagaimana cara taro paswot biar hotsport nya tidak terdeteksi kecuali dg paswot unt conecnya,tlg mas

    • gw coba sejelas mungkin ya..

      1. masuk dulu ke control panel TP-link nya. Udah tau kan? yg buka browser masukin 192.168.1.1
      2. Perhatikan bagian kiri menu, di bagian basic settings di bawahnya ada Wireless
      3. Klik wireless, lalu akan dropdown menu. Pilih wireless setting
      4. SSID, channel, region biasanya dah default, biarin aja itu
      5. di bawahnya ada Enable security wireless, nah itu DICENTANG
      6. Di bawahnya lagi pilih security type terserah yg mana aja, tp mending pake WEP aja lebih modern
      7. security option automatic, wep key format sebenernya gw gk ngerti juga tp gw pake ASCII
      8. Key selected, centang (titikin) key 1. Pilih dulu key typenya berapa bit…semakin besar bit maka semakin panjang karakter password yang harus diisi
      9. Isi pssword yang diinginkan di WEP key. Misal klo tadi pilih 128 bit maka itu berarti lebar password 13 karakter. maka panjang password HARUS 13 karakter (huruf/angka), gak boleh kurang

      10. terakhir, SAVE.

      coba konek wireless dari laptop atau pernagkat wireless anda

      • Mas, mau nanya lebih lanjut.
        Apa fungsi masing key 1, key 2..key4 ?

        Aku punya case, begini :
        Aku mau pasang wireless di kost saya, nah tentunya hanya anak kost yg punya password saja yg bisa akses wireless tsb.

        Pertanyaannya:
        1. Apakah WR542G tsb sudah memadai untuk memenuhi kebutuhan tsb dan apakah password untuk akses wireless bisa dibedakan dengan password admin ?
        2. Apakah semua anak kost bisa mengakses wireless secara bersamaan dgn password yg sama tsb ?

        Thanks’ ya Mas,

      • @haryanto,
        coba saya jawab ya…(klo bisa sih jangan dijadikan referensi karena saya sendiri awam masalah networking),

        klo hasil gugling2 dulu sewaktu gw mau beli wireless router, rata2 kalau untuk kost-kostan disarankan pakai linksys katanya sih sinyalnya lebih kuat n lebih bagus koneksinya.

        Gw pilih TP-link ini karena murah dan juga hanya untuk pemakaian d rumah biasa. Linksys pastinya lebih mahal tapi harga emang gak boong deh…

        key 1,2,3,4 memang artinya bisa beberapa password. Klo 1 password digunakan bersama saya rasa sih bisa tapi saya belom pernah coba juga (soalnya komputer cuma ada 2, xixixi)
        klo masalah bedakan antara admin dan yg biasa, saya gak tau bisa atau gak. Yang saya tau sebatas gini aja,
        sang empunya (anggap aja admin) lah yang tau password ke control panelnya. Nah di CP itu kan bisa diatur dan dilihat mana yang lagi terhubung jadi bisa dimonitor atau malah mau diblock juga bisa

  6. terimakasih ya mas,saya senang ada tanggapannya,trimakasi mas

  7. mas maaf ya,saya mau nanya lagi,makluk masi awam,apa yg dimaksut dg bit,apa bit komputer kita/leptop kita,mohon di jelasin,trimakasih sebelmnya

    • enggak mas itu bit dari password kita. Semua data komputer, kayak huruf pun sebenernya kan disusun dari bit…nah bit itulah yg diproses sehingga kita bisa lihat huruf nongol, kurang lebih sih gitu. Dan begitu juga bit yang dimaksud dalam vga ataupun internet dsb…

      jd ini bit maksudnya jadi range aja berapa karakter password yg harus dimasukkin

  8. mas saya punya modem TP-LINK tipe TD-W8101G,bagaimana cara mengunci warless nya mas,balasan yg mas berikan saya sudah coba,tp nda sesuai dg perintah nya,saya nda berani ganggu mas kalau perin tah nya tk sesuai ,maklum masi awam,trimakasih,tlg balasan nya mas.

  9. Mas, gw punya dirmh pake speedy yg konek dgn modem TP Link tipe TD 8817 lalu sy beli router TP Link juga tipe TL WR542G. Kok setting yg udh gw coba-coba tapi router-nya gak pernah bisa dikonekin ke modem dan akhirnya routernya gak bisa dikenalin. Gimana caranya akitifin router dan modem supaya bisa dipake bareng2 antara Notebook dengan Desktop.
    Terima kasih, Mas.

    • waduh 23 desmber, baru gw bales januari 2010..wkwkwk. Sori2 ya..
      biasanya sih modem speedy dah bisa router jg jadi klo mau dsambungin wireless tinggal colok aja gak usah setting mac address dll, anggapannya kyk switch gitu

  10. apa yang dimaksud TP link……………………….? bisa jelasin gak…?

  11. Siang mas,

    aku punya kasus aneh,
    dengan WR542G ini seting internet lancar, cuma masalahnya:
    kenapa ga bisa buka inbox email yahoo ya? tp inbox gmail dan lain-lain bisa.
    yang bisa melakukan hanya 1 dari 20 PC di kantorku, sama satu lagi laptop dengan OS Vista.
    ada apa ya?
    yg salah seting AP nya atau Komputernya nih …
    bisa bantu saya?

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

